Jumat, 06 Juni 2008

Dulunya!!!

  • Sejarah SD Lab UM

  • Prof Soepartinah Pakasi MA adalah pendiri SD Laboratorium IKIP Malang di tahun 1960-an. Sekolah ini terkenal dengan beberapa pendekatan pembelajarannya. Diantaranya adalah metode membaca permulaan dengan nama metode membaca aan iin. Sistem pengelompokan anak berdasar kemampuan, menyebabkan motivasi anak untuk kompetesi di antara anak sangat tinggi. Pembelajaran sain dilakukan melalui pendekatan kontektual dengan metode inkuiri membuat pemahaman anak tinggi dan pembelajaran menjadi hidup. Independent studi yang diterapkan, merangsang tumbuhnya prakarsa anak untuk berkreasi dalam menemukan aktivitas belajar bagi dirinya sendiri.

  • Sekolah Laboratorium IKIP Malang Soepartinah Pakasi di jaman pemerintahan orde baru dijadikan pilot proyek dengan nama baru PPSP ( Proyek Perintis Sekolah Pembangunan). PPSP menerapkan pendekatan belajar tuntas dengan sistem pembelajaran berbasis modul. Dengan pendekatan baru tersebut, akselerasi belajar siswa dapat difasilitasi, sehingga terjadi efisiensi waktu belajar. Masa studi siswa untuk menyelesaikan SD dan SMP hanya membutuhkan waktu 8 tahun. Struktur pendidikan di PPSP adalah 5 - 3, dengan alokasi waktu 5 tahun untuk menyelesaikan SD dan 3 tahun untuk penyelesaian studi di jenjang SMP.

  • Bersamaan berakhirnya masa berlakunya proyek pembaharuan pendidikan dari pemerintah, berakhir pula riwayat dan eksistensi PPSP beserta seluruh sistem manajemen yang pernah dikembangkan di sekolah ini. Berkenaan dengan berakhirnya PPSP. Dan terbitnya peraturan pemerintah yang tidak mengijinkan perguruan tinggi mengelola sekolah, MAKA SD PPSP IKIP Malang PENGELOLAANNYA diserahkan kepada Departemen pendidikan dan kebudayaan. dibawah kordinasi langsung Depdikbud Jawa Timur DG NAMA SDN Percobaan. meski demikian fisik gedung SD PPSP tetap milik Universitas negeri malang

  • Sementara untuk melanjutkan sistem manajemen sekolah dan sistem pembelajaran Sekolah dasar laboratorium IKIP Malang yang pernah dirintis Prof Soepartinah Pakasi MA, dan Mastery learning yang berbasis modul, di masa PPSP, atas prakarsa Dharma Wanita IKIP Malang , maka pada tanggal 17 Juli 1986 didirikan kembali sekolah laboratorium IKIP Malang dengan nama SD Dharma Wanita IKIP Malang. Sekolah ini mengemban misi untuk menghidupkan kembali sekolah laboratorium IKIP Malang dan melanjutkan keberhasilan sistem manajemen dan pembelajaran SD Laboratorium IKIP Malang yang digagas Ibu Pakasi, maupun continous progress SD PPSP

  • Sekolah dasar Laboratorium yang di awal berdirinya bernama SD Dharma Wanita IKIP Malang tersebut, di masa rektor Prof. Nuril Huda MA, pada tahun 1997 secara resmi berganti nama Sekolah Dasar Laboratorium IKIP Malang. Dengan nama baru itu, pengelolaan SD Laboratorium berada langsung dibawah kordinasi manajemen IKIP Malang melalui UPT Pengembang Sekolah Laboratorium. Tahun 1999/2000, Seiring perubahan ikip malang menjadi universitas negeri malang, maka SD Lab IKIP Malang menjadi SD Laboratorium Universitas Negeri Malang

  • Melalui perjalanannya yang panjang, Sekolah Dasar Laboratoium Universitas Negeri sejak tahun 2001 dibawah kepemimpinan Drs Suprihadi Saputro S.Pd, M.Pd, mengembangkan sistem manajemen sekolah yang berbasis kompetensi dan sistem pembelajarannya dengan pendekatan mastery learning dan continous progress.

  • Pembelajaran individual melalui modul dan inedependent study. yang diberlakukan saat ini, Sekolah Dasar laboratorium telah berhasil meningkatkan efisiensi pendidikannya. Model akselerasi alamiah yang dikembangkan memberi peluang bagi siswa yang kecepatan belajarnya tinggi untuk menyelesaikan pendidikan SD-nya hanya dengan waktu 5 tahun. Pendekatan Individual yang dijalankan telah mengubah paradigma anak tentang hahekat belajar.

  • Tahun 2005 sekolah ini mengembangkankan diri menjadi sekolah nasional bertaraf International. Untuk itu, menjalin kerjasama dengan Cambridge University International Examination (CIE) Tanggal 22 April 2007, bersamaan dengan peringatan Hari Bumi se-Dunia, SD Laboratorium dikembangkan dan di resmikan oleh Rektor UM Prof Dr. H. Suparno menjadi Pendidikan Dasar Sembilan Tahun di bawah pengelolaan satu atap One School One Director Pada Juni 2007 SD Laboratorium terakreditasi sebagai satu-satunya Centre of Primary Program University of Cambridge International Examination di Indonesia.

Tidak ada komentar: